Minggu, 28 Juli 2013

Cara Partisi Hardisk Menggunakan EASEUS Partition Master

Easeus Partition Master adalah software yang dapat digunakan untuk mempartisi hardisk menjadi beberapa partisi. Software ini ada yang free dan ada yang non-free. Software dapat di download disini.

Partisi dapat dilakukan baik pada hardisk internal komputer yang sudah terinstal sistem, maupun hardisk external meskipun sudah terdapat data didalamnya. Pada hardisk harus memiliki space kosong yang cukup agar proses pratisi berjalan lancar. Pada percobaan ini, partisi dilakukan pada hardisk external Seagate Expansion 500GB menggunakan Easeus Partition Master versi 9.1.1 Home Edition (freeware).

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload Easeus Partition Master Home Edition (free). Kemudian install software tersebut pada komputer. Setelah proses instalasi selesai, jalankan software tersebut, maka akan terlihat tampilan sebagai berikut:

Easeus Partition Master

Klik “Go to main screen”, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

EASEUS Master Home Edition

Klik pada disk yang akan dipartisi (pada gambar Disk 3, hati-hati jangan sampai salah menentukan hardisk yang akan dipartisi), kemudian klik “Create partition”. Contoh disini adalah membagi hardisk menjadi 3 partisi. Atribut partisi yang pertama sebagai berikut :

Easeus Create Partition 1

Klik “OK”, akan muncul tampilan berikut:

Easeus Master Home Edition 2

Partisi pertama dengan nama “Data1” dan kapasistas sebesar 83,66GB. “Resize/Move Partition” dapat digunakan jika ingin mengubah kapasitas partisi pertama, atau menghapus partisi. “undo” digunakan jika ingin membatalkan proses partisi sebelumnya.

Partisi kedua dibuat dengan meng-klik “Unallocated” dari disk3, kemudian klik “Create Partition” kembali. Tentukan alokasi kapasistas partisi kedua, seperti pada atribut di bawah ini :

Easeus Create Partition 2

Jika sudah selesai, klik “OK”. Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:

Easeus Partition Master Home 3

Sekarang sudah ada 2 partisi. Lakukan langkah yang sama pada pembuatan partisi pertama dan kedua, untuk membuat partisi yang ketiga. Berikut tampilan lengkap 3 partisi Data1, Data2, dan Data3 yang akan dibuat.

Easeus Partition Master Home 4

Pada kolom pending operation, adalah operasi yang akan dilakukan pada hardisk. Proses partisi belum selesai jika partisi belum diterapkan pada Hardisk. Jika sudah yakin dengan pembagian partisi yang telah ditentukan, proses partisi dapat diterapkan dengan cara klik “Apply”. Proses berlangsung seperti tampilan berikut :

Easeus Aply Changes 1

Klik Yes, Tampilan proses sebagai berikut:

Easeus Aply Changes 2

Easeus Partition FINISH

Klik “OK”. Sekarang anda sudah memiliki hardisk external dengan 3 partisi.

Feature-feature lain seperti “Delete Partition” digunakan untuk menghapus partisi, “Merge” digunakan untuk menggabungkan dua partisi menjadi satu partisi, “Format partition” digunakan untuk mem-format partisi.

Bagi para pemula, sebaiknya dibimbing oleh orang yang sudah ahli, atau jika ingin mencobanya sendiri, anda dapat terlebih dulu mem-backup data ke hardisk lain, agar data anda aman jika terjadi kesalahan dalam melakukan partisi. Kesalahan dalam melakukan partisi dapat menyebabkan data terhapus, ataupun partisi yang sudah ada menjadi hilang. Jika sudah terlanjur kehilangan data akibat terformat atau hilang partisi, anda dapat menggunakan free software “Data Recocery Wizard” ataupun “Easeus Partition Recovery” untuk mengambil kembali data yang hilang tersebut. Software ini dapat didownload di sini.

Selamat Mencoba..
Sekian Dan Terima Kasih


8 komentar:

  1. Maaf...saya mau berbagi info.
    Bagi teman - teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer.
    Alamat: Jl.karang rejo X/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 081330029001 / 085707133666

    http://www.ertechcomputer.blogspot.com

    Disini memang spesialisnya HARDDISK.

    Semoga sukses.....teman2…!!

    BalasHapus
  2. Mantab gan infonya, sangat bermanfaat ini buat ane. hehe
    Lowongan Kerja PT Nissan Financial Service Indonesia - Min D3 Semua Jurusan - Mei 2015
    http://expocpnsbumn.blogspot.com/2015/05/lowongan-kerja-nissan-financial-service-indonesia.html

    BalasHapus
  3. low cara mengembalikan seperti hd baru partisinya gimana?

    BalasHapus
  4. setelah d partisi, kpasitasnyq kok berkurang banyak ya? punya saya setelah d partisi hilang hampir 100GB, apa itu normal?

    BalasHapus
  5. apa waktunya lama dlm proses gan.....?

    BalasHapus
  6. apa waktunya lama dlm proses gan.....?
    responya gan

    BalasHapus

Google Followers

Social Media

Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Tips Dan Trik Seputar Windows, Internet.
Widget by : andi fiqran